Kamis, 09 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Ramaikan Puncak Expo Campus and Career ‘24, SMANDA Hadirkan Educational Content Creator untuk Seminar

Serangkaian kegiatan ECC (Expo Campus and Career) tahun 2024 telah dilaksanakan pada Kamis-Jumat (18-19/01/24). Puncak kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 20 Januari 2024 dengan ragam acara yang berbeda dari dua hari sebelumnya, diantaranya konsultasi dengan kampus-kampus pilihan untuk kelas 12 di aula bawah, sosialisasi dunia kerja, dan seminar oleh 2 guest star yang dilaksanakan di aula atas SMA Negeri 1 Pandaan. Selain itu, terdapat juga sosialisasi untuk wali murid siswa kelas 12 yang termasuk siswa eligible dan bertempat di koordinasi atas. Harapan diselenggarakan ECC ini adalah agar siswa-siswi SMA Negeri 1 Pandaan, khususnya kelas 12 memiliki keterbukaan atas wawasan melanjutkan ke perguruan tinggi dan mencapai target sekolah, yaitu diterima sebanyak-banyaknya siswa-siswi SMA Negeri 1 Pandaan di PTN dan universitas yang diharapkan.

Seminar pertama dimulai pada pukul 08.30 WIB yang disampaikan oleh Kirana Enggar Kusuma dengan tema “Self Improvement dan Self Branding Pada Generasi Z”. Kak Kikum merupakan lulusan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya di bidang studi Teknik Desain dan Manufaktur. Ia menjelaskan pentingnya mengetahui passion sebelum menentukan jurusan yang akan dipilih dan memastikan prospek kerja kedepannya. Selaku content creator yang tetap aktif dalam bidang studinya, ia juga menjelaskan bagaimana time management yang ia miliki supaya tidak burnout karena banyaknya aktifitas. Setelahnya, terdapat informasi dunia kerja yang disampaikan oleh Ibu Indah Tri Rahayu dari Dinas BKPSDM Pasuruan dan dilanjut dengan ice breaking yang dilengkapi dengan kuis berhadiah.

Sebagai pemateri seminar bagian kedua, Rifki Safreza mengambil tema berbeda, yaitu “Mengeksplorasi Studi Interdisipliner” yang dilaksanakan pukul 13.00 WIB. Topik yang disampaikan Kak Safreza berfokus pada penjelasan perbedaan tingkatan perguruan tinggi, serta berbagi pengalamannya saat ia masih menjadi mahasiswa di bidang studi Agribisnis Universitas Brawijaya. Sering dikenal sebagai tiktokers dengan konten edukasinya, ia juga memberikan tips and trick untuk meraih universitas dengan jurusan yang diimpikan para peserta ECC ’24. Selaku guest star, Rifki Safreza juga sempat menyampaikan kesan pesannya mengisi seminar pada kegiatan ini. “Acaranya keren dan para peserta sangat antusias dalam mengikuti seminarnya, semoga kalian bisa mencapai universitas yang diimpikan dan juga lulus, jangan masuk doang!” tuturnya. Terlaksananya kegiatan ECC ini tidak terlepas dari persiapan dan koordinasi pihak sekolah dengan panitia yang merupakan alumni SMANDA dengan padatnya jadwal diantaranya. “Kalau tidak salah koordinasinya itu sampai 5 kali karena berkaitan dengan padatnya jadwal kakak alumni yang kuliah dan Bapak-Ibu Guru,” tambah Ibu Resi Dian Damayanti selaku staff WAKA Humas SMA Negeri 1 Pandaan.

Reporter: Valexa Hafsah Ghaisani dan Dimas Anugrah Dewa Syah Putra